Monday, June 2, 2008

Eating Indonesian words

How does it sound when Bahasa Indonesian is spoken with Bahasa Melayu (Malay) pronounciation, and a Chinese accent?

This happened when I was reading the Top 10 Food To Try in Singapore from one of the Tourist Information booklet. The booklet is in Indonesian. Cut the story short, these are the Top 10.

Hainanese Chicken Rice (Nasi Ayam Hainan) - Biasanya makanan ini merupakan kombinasi ayam kukus atau ayam panggang yamg disajikan bersama nasi yang dimasak dengan kaldu ayam kental. Para ahli masak atau tentu saja akan menilai kualitas saus cabai, jahe giling serta kecap yang merupakan pelengkap sajian ini.



Chilli/Black Pepper Crab (Kepiting Cabai /Lada Hitam) - Kuah kepiting cabai yang manis berwarna merah menyalaka verhiaskan cabai segar, saus tomat, telur segar dan daun bawang. Sementara kuah lada hitam lebih menyerupai pasta kental dengan racikan lada hitam, lada putih, garam dan bawang putih.



Roti Prata - Hidangan menyerupai panekuk tipis berlapis-lapis ini terbuat dari tepung terigu yang diuleni berulang kali sebelum digoreng di atas wajan ceper panas.



Pork Ribs Herbal Soup (Bak Kut Teh) - secara langsung bisa diterjemahkan sebagai teh iga babi, masakan ini benar-benar terbuat dari iga babi yang direbus perlahan dengan api kecil dalam kaldu jernih - serta sejumlah herba Cina.




Rojak - Campuran buah dan sayur dengan tambahan tahu serta cakwe goreng. Saus rujak yang kental dengan rasa yang khas terbuat dari terasi, cabai gilinhg, gula, sari jeruk nipis dan kacang panggang.



Fried Radish Cake (Kue Lobak Goreng) - Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, acar lobak parut dan telur dadar.






Laksa - Kari lezat yang terdiri dari campuran mi besar, udang, kerang, daging ayam dan perkedel ikan. Campuran masakan Melayu dan Cina ini dibuat dengan ramuan bumbu halus yang terdiri dari rempah-rempah, sejumlah bumbu daun, ebi, santan dan cabai sehingga menghasilkan keharuman khas yang kaya akan rasa.


Satay (Sate) - Sate versi Melayu Singapura direndam dalam saus manis berempah, dibakar sempurna di atas panggangan arang kemudian dicelupkan dalam saus kacang. Sajian ini tidak akan lengkap tanpa ditemani lontong serta potongan ketimun dan bawang.



Fried Rice Stick (Char Kway Teow) - Mi putih pipih lebar yang dikenal sebagai kwetiau ini merupakan makanan sempurna bila digoreng dengan kecap, telur, tauge, sossis Cina dan kerang, dengan panas tinggi dalam wajan wok yang kehitaman hingga menghasilkan aroma yang menggoda.

Curry Fish Head (Kari Kepala Ikan) - Daging kepala ikan yang manis serta potongan besar tomat, terung serta okra. Kuahnya bisa kental atau encer. Meskipun demikian, seperti apapun kuahnya, masakan ini tetap unik dengan kombinasi rasa manis, asam, pedas dan asin.

No comments: